Peningkatan Prestasi Sekolah Melalui Pembimbingan Debat dengan Metode LDBI Adjudication
Keywords:
Peningkatan Prestasi, Pembimbingan Debat, Lomba Debat Bahasa Indonesia, Metode LDBI AdjudicationAbstract
Tujuan penulisan Best Practice untuk mencapai target prestasi nonakademik di bidang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI).
Best Practice ini merupakan hasil tulisan yang terbaik dan menarik oleh penulis. Subjek yang penulis pilih adalah seluruh peserta didik yang tergabung dalam ekstrakulikuler debat tahun ajaran 2017-2024. Setelah menerapkan metode LDBI Adjudication ala Athirah Bone, para personel ekstrakulikuler debat dapat mengotimalkan kemampuan debat sehingga memiliki kesiapan yang lebih dalam menghadapi berbagai ajang lomba debat terutama ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) yang menjadi kompetisi tahunan Puspresnas. Hasil kompetisi debat sebelum penerapan LDBI Adjudication ala Athirah Bone belum mendapatkan hasil yang sesuai harapan karena para peserta didik yang mengikuti kompetisi debat belum mampu mengoptimalkan kemampuan debat yang telah dimiliki. hal tersebut berpengaruh pada eksistensi prestasi SMA Islam Athirah Bone
Simpulan dari Best Practice ini adalah penerapan LDBI Adjudication ala Athirah Bone pada pembimbingan debat dapat memenuhi ekspektasi juara dalam ajang lomba debat bahkan menjadi peraih medali pada ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) yang dilaksanakan oleh Puspresnas
Downloads
References
Badriyah, Siti. 2020. Pengertian Debat: Fungsi, Tujuan, Ciri dan Unsur-unsurnya. Diakses pada 24 Februari 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-debat/?srsltid=AfmBOopfPdyPFQJiX_3f3XIdNLiTHRcR3I5dGoJm0tnLCwN8oPPgZn5y
Basri. (2022). Best Practice: Peningkatan Prestasi Sekolah Melalui Pembimbingan Osn/Ksn Bidang Studi Geografi dengan Metode Dril Soal. Sekolah Islam Athirah.
Fatoni, Arif Widi. 2019. Penyelesaian Sengketa Keterbukaan Informasi Publik melalui Ajudikasi dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Semarang: Universitas Semarang.
Hidayatullah, Ahmad Syarif. 2021. Analisis Strategi Debat Aktif untuk Mendukung Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Kadarsih, Inge dkk. 2020. Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif, Vol. II, No. 2.
KBBI Online. 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia Versi online. Diakses April 2023.
Marwati, Bugi dkk, (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Debat pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 4, No. 9.
Nurcahyo, Rachmat dkk. 2023. Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia dan National Schools Debating Championship 2023. Jakarta: Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Romadhon, Ilham Fatkhu dan Alfin Khoirun Na’im. 2020. Keterampilan Debat Bahasa Arab bagi Siswa MA Sederajat Se- Malang Raya Melalui Arabic Camp. Jurnal Prosidin Hapemas, Vol. 1, No. 1.
Suarjaya, I Nyoman Alit. 2023. Efektivitas Metode Debat dalam Meningkkatkan Komunikasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Retorika. Jurnal Riset Komunikasi, Media, dan Public Relation, Vol. 2, No. 1.
Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XIII, NO. 2, 384-399.