Efektivitas Pembelajaran Imla' dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Bahasa Arab Siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2022 - 2023

Authors

  • Hamriana SMP Islam Athirah Bone Author

Keywords:

Efektivitas, Imla’, Meningkatkan, Kemampuan, Menulis, Kata, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan penulisan Best Practice ini untuk mencapai target meningkatkan kemampuan menulis kata Bahasa Arab siswa dengan menggunakan pembelajaran Imla’. Subjek yang penulis pilih adalah seluruh suswa kelas IX SMP Islam Athirah Bone tahun ajaran 2022-2023 sebanyak 58 siswa. Data diperoleh melalui metode observasi. Sebelum menerapkan pembelajaran Imla’ kemampuan penulisan kata Bahasa Arab siswa kelas IX SMP Islam Athirah Bone sebanyak 41%. Setelah menerapkan pembelajaran Imla’, dapat meningkatkan kemampuan menulis kata dalam Bahasa Arab mencapai 78%. Simpulan dari Best Practice ini adalah penerapan pembelajaran Imla’ pada siswa kelas IX SMP Islam Athirah Bone Tahun Ajaran 2022-2023 dapat meningkatkan kemampuan menulis kata Bahasa Arab. Hal tersebut sesuai dengan peningktan capaian sebanyak 37%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, Muslimah. (2021). Teknik Pemeriksaan Jawaban, Pemberian Skor, Konversi Nilai, dan Standar Penilaian. Jurnal Al-Qiyam. 2(1), 1-9

Basri, Hasan. 2012. Pengantar Belajar Ilmu Imla’. Pasuruan: Percetakan Dalwa

Ghani, Aiman Amin Abdul. 2020. Panduan Lengkap Belajar Imla’. Jakarta Selatan: PT Rene Turos Indonesia.

Nurjannah. (2024). Penerapan metode imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII madrasah tsanawiah al-mustaqim Parepare. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Parepare) Diakses dari https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8789/1/19.1200.019.

Downloads

Published

2025-06-30