Pencapaian Misi Sekolah Islam Athirah Pada Poin ‘Kecakapan Sosial’ Melalui Program Havana di SMA Islam Athirah Bone
Keywords:
Havana, Kecakapan SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran terkait pencapaian salah satu poin dari misi Sekolah Islam Athirah, yaitu terkait kecakapan sosial siswa melalui program Havana (Have Fun With Anak-Anak) di SMA Islam Athirah Bone. Manfaat yang diperoleh dari program ini adalah (1) menjadi strategi dalam mencapai misi Sekolah Islam Athirah pada poin kecakapan sosial yang perlu dimiliki siswa (2) sebagai referensi bagi tenaga pendidik dalam melakukan perbaikan dan inovasi pada proses pendidikan, dan (3) dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam mengambil kebijakan dan perencanaan program serupa. Subjek yang dipilih penulis adalah siswa SMA Islam Athirah Bone, terutama yang telah berpartisipasi dalam program Havana dari tahun 2023 hingga 2024. Selama melakasanakan program Havana, siswa yang mengikut program ini merasa kecakapan sosial mereka bertumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil angket yang diberikan kepada siswa dalam mengukur kecakapan sosial mereka. Sehingga kesimpulan dari best practice yang telah dilaksanakan oleh penulis ini adalah program Havana dapat membantu dalam mengukur pencapaian misi Sekolah Islam Athirah pada poin kecakapan sosial.
Downloads
References
Choiriah, A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor Dalam Kantor Akuntan Publik [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Pekanbaru.
Editro. (2022). Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuisionernya. https://www.diedit.com/skala-likert/
Goleman, Daniel. (2016). Social Intelligence. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Rukmana, E. (2020). Menumbuhkan Kecakapan Sosial Siswa Melalui Program Athirah Care [Best Practice]. Bone.