PENGARUH PENERAPAN DISPLIN POSITIF TERHADAP PENURUNAN KASUS DI SMA ISLAM ATHIRAH BONE

Authors

  • Andi Evijayanti Bakri SMA Islam Athirah Bone Author

Abstract

Penelitian tindakan atau Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas Penerapan disiplin positif dalam menurunkan kasus indisipliner di SMA Islam Athirah Bone. Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa  pelanggaran tata tertib dan rendahnya kesadaran siswa akan pentingnya tanggung jawab dan etika. Disiplin positif, yang berfokus pada pembangunan karakter, komunikasi efektif, dan solusi kolaboratif, diyakini mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mencegah perilaku negatif secara berkelanjutan.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan/ Best Practice , data yang dikumpulkan berdasarkan catatan kasus dari guru bimbingan dan konseling dan wali kelas. Implemntasi disiplin positif dilakukan dengan beberapa 3 tahap, yakni tahap awal (perencanaan), tahap inti (pelaksanaan) dan tahap akhir (tindak lanjut).

Hasil penelitian menunjukkan penurunan kasus yang awalnya terdapa 63 kasus di tahun 2023 menjadi 51 kasus di tahun 2024. Selain itu, terjadi peningkatan positif dalam hal tanggung jawab siswa, empati, kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan kepatuhan terhadap aturan sekolah.

Dapat disimpulkan bahwa penerapan disiplin positif sangat efektif dalam mengurangi kasus indipliner di SMA Islam Athirah Bone dan mampu membangun karakter positif siswa. Best Practice ini direkomendasikan untuk diadopsi oleh sekolah lain guna menciptakan pendidikan yang aman, nyaman dan mendukung perkembangan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jayanti, Andi Evi. (2025). Penerapan Displin Positif Terhadap Penurunan Kasus di SMA Islam Athirah Bone. Athirah online Journal Educatio, 8 hal.

Downloads

Published

2025-07-01