Peningkatan Speaking Skill Dengan Pemanfaatan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas III SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga
Keywords:
speaking skill_media gambarAbstract
Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar terintegrasi dengan empat keterampilan berbahasa; yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2006) untuk sekolah dasar menyatakan bahwa Standar Kompetensi (SK) yang ingin dicapai dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada kelas III adalah agar siswa mampu mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah. Pembelajaran keterampilan berbicara sering terabaikan oleh guru bahasa Inggris dengan berbagai alasan yaitu tidak tersedianya bahan ajar khusus untuk pembelajaran keterampilan berbicara dan kemampuan siswa menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dirancang dengan cara melakukan pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan kepada siswa sebelum penggunaan media gambar. Selanjutnya post-test dilakukan kepada siswa setelah penggunaan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar. Kelas yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas III Al-alim dan kelas III Al-adzim yang mengikuti mata pelajaran bahasa inggris pada tahun ajaran 2024-2025 dengan jumlah siswa 24 dan 22 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama satu bulan dengan empat kali pertemuan per kelas dengan tes kemampuan pre-post test. Keterampilan berbicara meningkat menjadi 92% tercapai pada kelas III Al Alim dan 82% tercapai pada kelas III Al Adziim. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian dengan membandingkan efektifitas penggunaan berbagai media pembelajaran dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggri. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangkan model bahan ajar yaitu dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara berbahasa Inggris siswa di sekolah dasar kelas III SD Islam Athirah Bukit Baruga.
Downloads
References
Akhmad Sutiyono,2014. Model pengembangan bahan ajar.Universitas Pendidikan Indonesia
Anderson, R. C., & Pearson, P. D. (1984). A schema-theoretic view of basic processes in reading comprehension. In Handbook of Reading Research (pp. 255–291). Longman
Arends, Richard I, 2001. Classaroom Instruction Management. New York: Megraw Hill Companies
Nation, I. S. P., & Newton, J. (2009). Teaching ESL/EFL Listening and Speaking. Routledge.
Novalina,Ali Karim dan Efendi,2015. Keterampilan siswa berbicara melalui media gambar.Universitas Tadulako
Rofi’udin Ahmad dan Zuchdi Darmiyati, 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Schmitt, N. (2010). Researching Vocabulary: A Vocabulary Research Manual. Palgrave Macmillan.
Sumantri, Mulyani, Nana, Syaodih, 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan,Henry,Guntur,1985. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : penerbit Angka.
Ur, P. (2012). Grammar Practice Activities: A Practical Guide for Teachers (2nd ed.). Cambridge University Press.
Yule, G. (2010). The Study of Language (4th ed.). Cambridge University Press.