Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Youtube dalam Pembelajaran Mandiri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Wajib Siswa Kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga
Keywords:
Pembelajaran Mandiri, Hasil Belajar, Matematika WajibAbstract
Karya tulis ilmiah ini membahas tentang Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Youtube dalam Pembelajaran Mandiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Wajib Kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data yang menunjukkan nilai PTS kelas XII yang rendah. Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemanfaatan aplikasi Youtube terhadap hasil belajar, baik itu pengaruh positif maupun negatif pada kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel. Adapun instrumen penelitian berupa kuesioner dan nilai PTS kelas XII IPA 3. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga T.A 2023/2024. Sampel dari karya tulis ini adalah kelas XII IPA 3 yang berjumlah 29 orang. Sedangkan, teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskripsi dan teknik analisis inferensial. Nilai Multiple R yang diperoleh adalah 0,134, maka dapat disiimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi Youtube dalam pembelajaran mandiri memiliki korelasi yang termasuk dalam kategori lemah.
Downloads
References
Fadhilah, N.,Setyosari, P., & Susilaningsih, S. 2021. Motivasi Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Online. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p090
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Handayani, Eka. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tutor Sebaya Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Web Design Siswa Kelas X MM1 SMK Negeri 1 Mas Ubud Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Universitas Karmapati. Vol. 1. No: 4. Hal: 509-522.
Mudjiman, Haris. 2011. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. 2014. Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Saihu, M. 2021. Dampak Negatif Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Peserta Didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 4(02), 418-43.
Primartiwi, A., A. Naryoso. 2019. Pengaruh Intensitas Mengakses Media Sosial Youtube dan Interaksi Peer Group Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.