Pengaruh layanan Human Capital terhadap Engagement pegawai: Studi kasus Sekolah Islam Athirah
Keywords:
Human Capital, Employee Engagement, Regresi Logistik MultinomialAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan Human Capital sebagai salah satu departemen di manajemen Sekolah Islam Athirah terhadap engagement / keterikatan pegawai Sekolah Islam Athirah. Data yang akan dikaji berasal dari hasil survei yang telah dilaksakan di sekolah Islam Athirah pada tanggal 8 sampai dengan 14 Agustus 2022. Pengambilan data menggunakan metode online (google form) yang diisi oleh responden yang berjumlah 426 orang yang merupakan pegawai di Sekolah Islam Athirah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan regresi logistik multinomial untuk mengetahui apakah secara statistik layanan human capital berpengaruh secara signifikan terhadap keterikatan pegawai di Sekolah Islam Athirah. Dalam penelitian ini diperoleh kekuatan asosiasi dengan nilai R^2 yang menunjukkan bahwa variabel respon dapat dijelaskan oleh variabel prediktor sebesar 9,7% atau sekitar 90,3% sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluar model, yang artinya sekitar 90,3% tidak dapat dijelaskan oleh model. Dan dari hasil regresi logistik multinomial layanan human capital dan employee engagement karyawan memiliki pengaruh yang sebanding, yaitu semakin kecil atau sedikit layanan yang diberikan oleh human capital Sekolah Islam Athirah, maka semakin kecil pula peluang employee engagement atau rasa keterikatan pegawai Sekolah Islam Athirah. Sebaliknya, semakin besar layanan yang diberikan oleh human capital Sekolah Islam Athirah, maka semakin besar pula peluang employee engagement atau rasa keterikatan pegawai Sekolah Islam Athirah.
Downloads
References
Dwi, Irma Kurniati. 2014. Masa kerja dengan jobengagement pada karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Volume 2, Nomor 2, Januari 2014.
Fajar A.H. dan Aria B.P., 2019. Manajemen Modal Insani Kontemporer. Bandung : ITB Press.
Finney, Martha I. 2010. Engagement cara pinter membuat karyawan mencurahkan kemampuan terbaik untuk perusahaan. Jakarta Pusat : Penerbit PPM.
Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.
Malik I. & Sitti M., T. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Volume 4, Nomor 1, Februari 2019.
Muchtadin. (2022). Hubungan antara Work Engagement denganTurnover Intention pada Pekerja Generasi Milenial di Jabodetabek. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, Volume 13, Nomor 3, Agustus 2022.
Risana R. dan Sella K. (2018). Hubungan Antara Keterikatan Kerja dengan Intensi Keluar Kerja pada Karyawan Swalayan di Banda Aceh. Jurnal Psikogenesis, Volume 6, Nomor 1, Juni 2018.
Sarikit, Maya. (2017). Pengaruh work life balance dan keterikatan pegawai terhadap kinerja pegawai fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8, Nomor 1, Juli 2017.
Subekti, Puji. (2014). Model regresi logistik multinomial untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan tingkat atas pada siswa SMP. Jurnal Cauchy Volume 3, Nomor 2 ,Mei 2014.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.