Studi literatur: Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa
Keywords:
Pembelajaran, Prestasi Belajar, Self Regulated LearningAbstract
Objek penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Karya tulis ini disusun dengan menggunakan metode pendekatan kajian pustaka (literature review) dengan melakukan beberapa tahapan, yaitu perumusan topik penelitian melalui teori ilmiah, kemudian melalukan pengumpulan sumber pustaka, terakhir dilakukan analisis dan sintesis untuk dapat ditarik kesimpulan yang menyeluruh. Karya tulis ilmiah ini menggunakan total 10 sumber pustaka ilmiah yang relevan berupa jurnal penelitian dan dokumen acuan yang berisi tentang pendekatan self regulated learning dan prestasi belajar siswa. Kajian pustaka yang dilakukan mengungkapkan secara empiris pengaruh positif terhadap pendekatan self regulated learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah secara praktis. Selain itu dengan menggunakan pendekatan self regulated learning, dapat membangun kesadaran belajar siswa secara internal.
Downloads
References
Adiputra, S., Mujiyati. 2017. Motivasi & Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor. Vol 5 (4), Hal 150-157.
Azis, Sri Reskiyanti. 2022. Implementasi Self- Regulated Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Memperkuat Karakter Siswa Kelas Vii Di Smpn 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammdiyah Makassar
Broadbent, J., & Poon, W. L. (2015). Self-Regulated Learning Strategies & Academic Achievement In Online Higher Education Learning Environments: A Systematic Review. Internet and Higher Education, 27, 1–13.
Dignath, C., Buettner, G., & Langfeldt, H. P. (2008). How Can Primary School Students Learn Self-Regulated Learning Strategies Most Effectively? A Meta-Analysis On Self-Regulation Training Programmes. Educational Research Review. Hal. 101-129.
Khaliq, Ilham & Asmadi Alsa. 2015. Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika. Gadjah Mada Journal Of Psychology Vol. (2), Hal. 74 – 81.
Latifah, Eva. 2010. Strategi Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi. Vol. 37 (1). Hal. 110 – 129.
Ma’sumah, Sitti. 2015. Skripsi: Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan Ii Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Mukhid, Abdul. 2008. Strategi Self-Regulated Learning (Perspektif Teoritik). Tadrîs. Vol. 3 (2).
Panadero E. 2017. A Review of Self-regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. Front. Psychol. Vol. 8.
Pintrich, Paul R. & De Groot, Elisabeth V. 1990. Motivational And Self-Regulated Learning Components Of Classroom Academic Performance. Journal Of Educational Psychology.Vol. 82 (1). Hal. 33-40.
Taufik, T., & Ifdil, I. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 1 (2). Hal. 143- 150.
Syafi’i1, A., Tri Marfiyanto dan Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.2 (2).
Utari, A., Senen, Syamsul H., & Rasto. 2018. Pengaruh Self Regulated Learning (SLR) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Social Science Education Journal. Vol. 5 (1). Hal. 8-14.
Yuzarion. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2 (1). Hal. 107-117.
Zimmerman, Barry J. 1989. A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology. Vol. 81, No. 3. Hal. 329-339.
Zimmerman, Barry J. & D.H. Schunk (Ed.), Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theory, Research, And Practice. 1989. New York: Springer- Verlag.
Zimmerman, Barry J. 1990. Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. Vol. 25 (1). Hal. 3-17.
Zimmerman, B., Bonner, S., & Kovac, R. 1996. Developing Self-regulated Learners: Beyond Achievement to Self-efficacy. American Psychological Association.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming A Self Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice, 41, 64-70.