Penggunaan Media Sosial Tiktok terhadap Motivasi Belajar Siswa/I Kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga
Keywords:
Media Sosial, Tiktok, Motivasi Belajar, SiswaAbstract
Tiktok adalah sebuah aplikasi media sosial yang menggunakan video berdurasi pendek sebagai media untuk menangkap, mengedit, serta menyajikan kreativitas, informasi, dan hal lainnya. Dengan beragamnya konten yang tersedia di aplikasi ini menunjukkan bahwa Tiktok tidak hanya sebagai media hiburan tetapi dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran bagi para peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari penggunaan media sosial Tiktok terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling melalui rumus slovin. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket (kuesioner) di kelas XII. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan inferensial. Adapun jenis analisis data inferensial yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan sebesar 5% dari penggunaan Tiktok terhadap motivasi belajar siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bukit Baruga dengan korelasi yang berada dalam kategori lemah. (2) Berdasarkan hasil analisis regresi Y = 0.2404X + 32.762 dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penggunaan Tiktok siswa maka akan meningkatkan motivasi belajar yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka siswa diharapkan dapat lebih memanfaatkan konten-konten edukasi yang ada di Tiktok sehingga Tiktok bukan hanya sebagai media hiburan tetapi juga sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Astalia, F., & Lestiani, W. (2023). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1).
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112-127.
Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di tengah pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959-1965.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199-208.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Pratiwi, E., Anderson, I., & Simaremare, T. P. (2022). Media Sosial Tiktok dan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Civic Education, 5(4), 548-556.
Pardianti, M. S., & Valiant, V. (2022). Pengelolaan Konten TikTok Sebagai Media Informasi. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(2), 187-210.
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436.